Mengapa di benua Australia banyak terdapat bioma gurun?

Mengapa di benua Australia banyak terdapat bioma gurun?

Jawab 

Sebagian negara Australia merupakan wilayah subtropis. Wilayah subtropis merupakan wilayah yang sangat kering karena penguapan tinggi, namun curah hujannya sangat rendah. Itulah mengapa di benua Australia banyak terdapat bioma gurun.


Pembahasan

Letak astronomis suatu negara akan mempengaruhi bioma yang berada di negara tersebut. Bioma merupakan ekosistem ekosistem yang terbentuk akibat adanya perbedaan letak astronomis.


Misalnya Kalimantan, merupakan daerah yang letak astronomis yang berada di wilayah khatulistiwa. Daerah khatulistiwa merupakan daerah yang memiliki curah hujan sangat tinggi. Sehingga hujan tersebut merupakan sumber kehidupan. 


Oleh sebab itu, berbagai tumbuhan akan tumbuh dengan sangat subur. Tumbuh-tumbuhan yang merupakan produsen yang menyediakan makanan akan mendatangkan berbagai macam hewan.


Sehingga pada akhirnya terbentuklah bioma hutan basah. 


Namun pada daerah daerah subtropis, tingkat curah hujan daerah tersebut sangatlah rendah. Namun proses penguapan sangat tinggi. Akibatnya udara sangat kering dan curah hujan sangat sedikit. 


Dengan begitu akan sulit bagi tumbuh-tumbuhan untuk hidup karena kurangnya air. Ketika tumbuh-tumbuhan tidak subur, maka hewan-hewan pun akan mencari tempat lain untuk mencari makanan.


Yang bertahan hidup di daerah kering dan tandus tersebut hanyalah beberapa jenis individu saja. Karakteristik tersebut akan membentuk bioma gurun.


Terimakasih telah berkunjung ke langsut.com. Semoga membantu. 


No Comment
Add Comment
comment url