Sebutkan 8 cara melestarikan air tanah!

Sebutkan 8 cara melestarikan air tanah!

Jawab

Berikut ini merupakan 8 cara melestarikan air tanah atau air bumi.

  1. Melakukan konservasi tanah

  2. Melindungi lingkungan sumber air tanah

  3. Menggunakan air tanah secara bijak

  4. Tidak menimbun sampah di dekat sumber air

  5. Melindungi dan melestarikan hutan

  6. Mengurangi penggunaan zat kimia

  7. Mengedukasi masyarakat mengenai pelestarian air

  8. Melakukan perawatan pipa air


Pembahasan

Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Tanpa air mustahil ada kehidupan. Kita menggunakan air setiap hari. Baik air permukaan maupun air tanah.


Air tanah adalah air yang tersimpan jauh di dalam lapisan tanah. Untuk menggunakannya, kita penuh usaha berupa membuat sumur atau mengebor. 


Meskipun air mengalami siklus hidrologi, namun penggunaan yang kurang bijak membuat ketersediaan air terbatas. Oleh sebab itu perlu adanya cara melestarikan air tanah. Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara melestarikan air tanah.


Melindungi lingkungan sumber air

Pertama-tama kita harus melindungi lingkungan yang menjadi sumber air tanah tersebut. Caranya ialah dengan menjaga lingkungan tetap asri, dijauhkan dari pencemaran tanah, baik organik, kimia, maupun anorganik.


Melakukan konservasi tanah

Salah satu cara konservasi tanah ialah dengan membuat sumur sumur resapan. Sumur resapan ini akan menyerap air hujan dan menyimpannya di tanah. Konservasi tanah juga bisa dilakukan dengan cara reboisasi. Sehingga akar-akar dari tanaman dan pepohonan akan menyimpan air sebagai cadangan.


Tidak menimbun sampah di dekat sumber air

Sampah merupakan salah satu polutan. Apabila kita menimbun sampah di dekat sumber air, akan menimbulkan berbagai macam kerugian. Timbunan sampah akan mengundang banyak virus dan bakteri. 


Apabila virus dan bakteri ini mencemari air, maka kualitas air akan berkurang bahkan terjemah. Sehingga air tidak bisa lagi dikonsumsi..


Menggunakan air tanah secara bijak

Apabila terjadi eksploitasi air secara besar-besaran tanah, air tanah akan cepat habis. Akibatnya akan terjadi kekeringan, dan sulit untuk mendapatkan air bersih. Solusinya ialah setiap orang harus menggunakan air tanah secara. Gunakan air tanah secukupnya, tidak boros, dan tidak membuang-buang air tanpa keperluan yang penting.


Mengurangi penggunaan zat kimia

Zat kimia merupakan salah satu penyebab pencemaran air. Sehingga kualitas air menurun. Oleh sebab itu, cara terbaik adalah dengan mengurangi penggunaan zat-zat kimia. Apabila zat kimia ini mencemari air tanah dan meresap kedalam tanah, kemungkinan besar air tidak bisa dikonsumsi secara aman. 


Melestarikan hutan

Banyak sekali manfaat dari hutan. Hutan dapat mencegah berbagai macam bencana. Permukaan hutan akan menahan tetes hujan agar tidak langsung jatuh ke permukaan bumi. Sehingga tidak terjadi erosi.


Hutan juga dapat menyimpan air di dalam akar-akarnya, sehingga mencegah terjadinya bencana banjir. Pada saat yang bersamaan, hutan juga menyimpan air sehingga masyarakat tidak akan kekurangan air meskipun di musim kemarau.


Terimakasih telah berkunjung ke langsut.com. Semoga membantu. 





No Comment
Add Comment
comment url