Sebutkan faktor-faktor pendorong interaksi sosial!

Sebutkan faktor-faktor pendorong interaksi sosial!

Jawab

Interaksi sosial dapat terjadi karena didorong oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu. Faktor pendorong interaksi sosial sebagai berikut.

  1. Simpati

  2. Empati

  3. Imitasi

  4. Identifikasi

  5. Sugesti

  6. Motivasi


Pembahasan


1. Simpati

Secara sederhana, simpati artinya tertarik. Simpati merupakan perasaan tertarik terhadap perilaku atau penampilan orang lain.


Simpati pada seseorang muncul karena menganggap orang lain memiliki sesuatu yang menarik. Selain itu, simpati mengarah pada kekaguman, kesenangan, dan kedekatan.


Sebagai contoh, Pak Andi mengagumi Pak jati. Pak Andi menganggap Pak jati memiliki kelebihan dan kepiawaian menjadi kepala desa. Oleh karena itu, Pak Andi mendukung Pak jati dalam pilihan kepala desa.


2. Empati

Empati berasal dari bahasa Yunani, yaitu pathos yang berarti perasaan mendalam.


Empati merupakan kemampuan seseorang ikut merasakan kondisi orang lain. 


Sikap empati perlu dikembangkan agar seseorang memiliki sikap peduli sosial. Peduli sosial dapat mendorong terciptanya kerukunan dalam bermasyarakat.


3. Imitasi

Imitasi merupakan kecenderungan meniru sikap, tindakan tanah pemerintah lagu, dan penampilan fisik seseorang secara berlebihan. Imitasi dapat berdampak positif dan negatif bagi individu maupun kelompok.


Apabila sumber imitasi berperilaku baik, seseorang juga akan meniru bersikap baik.


Sebagai contoh seorang adik meniru sikap tekun dan rajin kakaknya dalam belajar. 


Sebaliknya sumber imitasi berperilaku menyimpang dari nilai dan norma Alfamart sikap individu juga akan buruk atau menyimpang.


4. Identifikasi

Identifikasi merupakan keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Proses identifikasi didorong oleh keinginan belajar yang kuat untuk meneladani orang lain.


Identifikasi berbeda dengan imitasi. Identifikasi melakukan proses peniruan yang lebih mendalam tanah sedangkan imitasi hanya sekedar memilih perilaku yang menarik untuk ditiru.


Biasanya orang lain yang menjadi objek identifikasi berada di lingkungan terdekat subjek identifikasi. Sebagai contoh, peserta didik mengagumi kepribadian gurunya yang aktif dalam berbagai kegiatan dan berwawasan luas. Selanjutnya peserta didik tersebut meneladani sikap gurunya dengan ikut berbagai kegiatan positif dan gemar membaca.


5. Sugesti

Sugesti merupakan sikap, pandangan, dan pendapat orang lain yang diterima tanpa dipikir ulang.


6. Motivasi

Motivasi yaitu dorongan atau keinginan seseorang melakukan tindakan tertentu. Motivasi bertujuan memberikan dorongan dan semangat kepada seseorang agar mampu memperbaiki hidup.


Terimakasih telah berkunjung ke langsut.com. Semoga membantu.

No Comment
Add Comment
comment url