a. mengapa pembangunan infrastruktur kelautan masih tertinggal b. mengapa jumlah industri

 Pertanyaan 


  1. mengapa pembangunan infrastruktur kelautan masih tertinggal

  2. mengapa jumlah industri perkapalan yang masih sedikit

  3. mengapa armada kapal penangkap ikan masih sederhana


Jawaban

  1. Pembangunan infrastruktur kelautan masih tertinggal karena pemerintah masih berorientasi pembangunan pada daratan bukan lautan.

  2. Industri perkapalan masih sedikit karena industri ini merupakan industri padat modal dan membutuhkan teknologi tinggi. Sehingga membutuhkan biaya yang sangat besar.

  3. Armada kapal penangkap ikan masih sederhana karena kapal-kapal dengan teknologi canggih belum terjangkau oleh masyarakat Indonesia.


Pembahasan


Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga disebut juga negara maritim. Luas wilayah perairan Indonesia lebih besar dibandingkan daratannya.


Berbagai sumber daya alam berada di lautan. Salah satunya adalah sumber daya perikanan yang belum dioptimalkan oleh bangsa Indonesia.


Selama ini, pemerintah berorientasi kepada daratan dibandingkan lautan dalam pembangunannya.


Itulah yang menyebabkan sarana dan prasarana di lautan belum memadai. 


Potensi sumber daya alam di Indonesia justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak asing. Banyak warga asing yang membangun usahanya di Indonesia.


Misalnya usaha pengalengan ikan, tambak, bahkan penangkapan ikan. 


Sedangkan bangsa Indonesia masih mengelolanya dengan cara yang sederhana. Dan masih dilakukan sebagai industri rumah tangga, bukan industri dalam skala besar.


No Comment
Add Comment
comment url