Bagaimanakah keterkaitan antara konflik dengan keberagaman yang ada dalam masyarakat?

Pertanyaan

Bagaimanakah keterkaitan antara konflik dengan keberagaman yang ada dalam masyarakat?

Jawab:


Keberagaman yang ada di dalam masyarakat dapat memicu konflik apabila tidak diiringi dengan sikap menghormati dan menghargai keberagaman antara satu budaya dengan budaya yang lain.


Pembahasan


Keberagaman di masyarakat sebenarnya bukanlah pemicu konflik. Namun sikap masyarakat lah yang dapat menjadikan keberagaman tersebut sebagai pemicu konflik.


Misalnya sikap egois, mementingkan kelompoknya sendiri, merendahkan budaya lain tidak menghargai dan menghormati, dan kurangnya hubungan sosial yang baik antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.


Namun apabila masyarakat memandang positif keberagaman tersebut dan mereka akan menjadikan keberagaman tersebut sebagai kekayaan bangsa.


Misalnya setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan tarian yang beraneka ragam. Dengan mengembangkan keberagaman tersebut, justru akan menjadi kekayaan bagi Indonesia dilihat dari sisi budaya.


Akan tetapi, apabila masing-masing kelompok menganggap budayanya yang paling leluhur maka akan terjadi konflik sosial.


Demikian pula perbedaan ekonomi, status sosial, mata pencaharian, agama, adat istiadat dan lain sebagainya bisa menjadi pemicu konflik atau sebagai sumber kekayaan bangsa.


Hal tersebut berpulang kembali kepada cara memandang keberagaman tersebut.



No Comment
Add Comment
comment url