Buatlah teks persuasif tentang bahaya banjir​!

Buat teks persuasif tentang bahaya banjir​!

Jawaban


Contoh #1

Bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja. Termasuk bejana banjir yang sering melanda daerah di Indonesia.


Banjir banyak memberikan kerugian. Betapa banyak orang yang bersedih karena rumahnya terendam banjir, barang-barang miliknya hanyut, bahkan ada korban jiwa.


Kita dapat membayangkan betapa sedihnya apabila rumah yang kita bangun tiba-tiba hancur karena banjir. Atau suatu barang yang berharga tiba-tiba lenyap dihanyutkan oleh banjir.


Sebenarnya banjir dapat dicegah. Perilaku kita dapat menjadi penyebab sekaligus pencegah banjir. Mungkin kita tidak dapat membuat sungai atau membuat drainase yang besar agar banjir tidak melanda.


Tapi kita bisa melakukan hal-hal kecil namun bermanfaat besar. Misalnya, mulai sekarang jangan membuang sampah di sungai. Karena sampah dapat menghambat aliran air di sungai.


Kita pun dapat menanam berbagai pohon di sekitar rumah. Selain menyejukkan pohon-pohon dapat menyimpan air hujan. Sehingga air hujan terserap ke dalam tanah.


Contoh #2 paragraf persuasif tentang bahaya banjir.


Air yang lembut dapat berubah ganas pada waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika banjir melanda. Rumah dapat dirobohkan, mobil-mobil dapat terapung, dan harta benda dapat dirusak oleh air yang lembut itu.


Oleh sebab itu, hendaknya setiap orang menyadari bahaya banjir. Ada beberapa tindakan untuk mencegah dan menghindari banjir. Diantaranya adalah jangan membuat rumah di bantaran sungai, jangan membuang sampah ke sungai, melakukan reboisasi, dan mencegah penebangan liar.


Sebaiknya  menghindari banjir sebelum banjir itu terjadi dengan tindakan seperti di atas.  Banjir dapat menghabiskan harta benda yang telah dikumpulkan bertahun-tahun. Dapat dibayangkan  betapa sedihnya seseorang yang habis harta bendanya karena tersapu banjir.


No Comment
Add Comment
comment url