Materi IPS Letak dan Luas Indonesia - Kelas 7

Indonesia merupakan negara yang terletak di daerah garis khatulistiwa. Secara geologi, Indonesia terletak di tiga jalur lempeng yaitu lempeng eurasia, pasifik dan Hindia. Materi di bawah ini merupakan bagian dari Materi Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan.

Untuk mengetahui letak dan luas wilayah Indonesia, kita dapat mengetahuinya melalui peta.


Letak dan Luas Indonesia


Letak Indonesia


Secara geologi, Indonesia terletak diantara tiga lempeng, yaitu lempeng Pasifik, lempeng eurasia, dan lempeng indo-australis.


Secara geografis, Indonesia terletak diantara benua Asia dan juga Australia serta di antara samudra Hindia dan samudra Pasifik.


Adapun secara astronomis Indonesia berada di titik 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang Selatan.


Pemahaman Lokasi Melalui Peta


Untuk memahami sebuah lokasi, kita dapat menggunakan peta.


Pengertian Peta


Peta adalah gambaran dari unsur-unsur alam atau buatan manusia yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.


Unsur-unsur Peta


Untuk memahami peta, kita harus memahami unsur-unsur peta. Unsur peta terdiri dari judul, legenda, skala simbol, inset, garis tepi, dan warna. 


Di bawah ini penjelasan mengenai unsur-unsur peta.

  • Judul. Judul peta merupakan rangkuman tentang peta. Dari judul, kita mendapatkan gambaran mengenai isi dan jenis peta.

  • Garis tepi. Garis tepi merupakan garis yang terletak di bagian tepi peta. Garis tepi berfungsi agar pembaca peta dapat melihat lebih jelas peta tersebut.

  • Skala. Skala adalah perbandingan jarak pada peta terhadap jarak sebenarnya. Sehingga seseorang dapat memperkirakan jarak suatu wilayah dengan membaca peta.

  • Orientasi. Orientasi peta menunjukkan arah utara yang mengarah ke atas. Dengan adanya orientasi tersebut, seseorang dapat mengetahui letak dan arah suatu objek.

  • Simbol. Simbol peta adalah tanda untuk mewakili sebuah objek yang sebenarnya. Contohnya simbol danau, sungai, jembatan, sekolah, gunung dan lain sebagainya.

  • Garis koordinat. Yaitu kedudukan sesuatu titik pada peta yang merupakan pertemuan garis tegak dan garis mendatar dari suatu lembaran peta. Fungsi garis koordinat adalah untuk menentukan letak astronomis suatu objek atau wilayah.

  • Inset. insert adalah peta kecil yang disisipkan di peta utama berfungsi untuk menunjukkan kedudukan kawasan yang belum dikenali.

  • Sumber peta. Sumber peta adalah referensi dari mana peta itu diperoleh.


Letak Geografis Indonesia


Letak geografis adalah posisi sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.


Letak geografis Indonesia berada diantara benua Australia dan Asia samudra Hindia dan samudra Pasifik serta terletak diantara dua pegunungan yakni sirkum pasifik dan sirkum mediterania.


Batas Wilayah Indonesia


Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, yaitu 


  • Sebelah utara: Malaysia, Filipina, dan laut Cina Selatan

  • Sebelah Selatan: Timor Leste, Australia, dan samudra Hindia

  • Sebelah barat: Indonesia berbatasan dengan samudra Hindia

  • Sebelah timur: Papua Nugini dan samudra Pasifik


Letak Astronomis Indonesia


Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang dan garis bujur merupakan garis imajiner yang biasanya digambarkan pada sebuah peta.


Letak astronomis (titik koordinat) Indonesia berada di antara 950° BT – 141° BT dan 6° LU – 11° LS. Karena letak tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS


Keuntungan Letak Indonesia


Indonesia merupakan negara yang memiliki letak strategis. Oleh sebab itu karena Indonesia memperoleh berbagai keuntungan.


Berikut ini keuntungan Indonesia dilihat dari letaknya secara geografis.

  1. Terletak di jalur perdagangan internasional. Sehingga Indonesia merupakan negara yang ramai dengan perdagangan. Indonesia merupakan tempat persilangan kegiatan perekonomian dunia baik dari asia maupun Eropa.

  2. Memiliki tanah yang subur. Indonesia memiliki tanah yang sangat subur. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa, sehingga mendapatkan cahaya dan hujan sepanjang tahun. Hal tersebut menyebabkan tanah di Indonesia subur.

  3. Kaya barang tambang. Letak Indonesia berada di atas tiga jalur lempeng utama. Diantaranya ada lempeng Pasifik dan eurasia. Hal tersebut menyebabkan Indonesia kaya akan barang tambang.

  4. Potensi maritim. Indonesia juga merupakan negara kepulauan. Luas lautan lebih besar daripada daratan. Sehingga potensi maritim Indonesia sangat banyak. Diantaranya adalah potensi perikanan dan lalu lintas laut.

  5. Kaya budaya. Karena terletak di antara persilangan dunia, masyarakat Indonesia mudah berinteraksi dengan budaya luar. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki kekayaan budaya sejak zaman dahulu kala. Budaya tersebut bisa jadi merupakan budaya serapan. Contohnya adalah peninggalan candi dan masjid kuno.

  6. Keuntungan pariwisata. Letak Indonesia berada di daerah khatulistiwa. Hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki pemandangan yang sangat indah. Negara Indonesia mendapatkan cahaya matahari sepanjang tahun hujan yang berlimpah sehingga menjadikan Indonesia subur makmur.


Kerugian Letak Indonesia


Adapun kerugian karena letak Indonesia tersebut adalah luasnya wilayah Indonesia sehingga sangat sulit untuk mengawasinya.


Sumber daya Indonesia akan sangat mudah diambil oleh bangsa asing. Contohnya kapal-kapal asing dengan mudah menangkap ikan di perairan Indonesia.









No Comment
Add Comment
comment url