Pada dasarnya konflik adalah pertentangan yang terjadi baik pada individu atau kelompok sebagai akibat dari

Pertanyaan

Pada dasarnya konflik adalah pertentangan yang terjadi baik pada individu atau kelompok sebagai akibat dari ....


Jawaban


Konflik yang terjadi baik individu maupun kelompok merupakan akibat adanya perbedaan, baik perbedaan kepentingan, perbedaan ideologi, perbedaan ras, perbedaan agama, dan perbedaan-perbedaan lainnya.


Pembahasan


Konflik yang terjadi di masyarakat dipicu dengan adanya perbedaan. Masyarakat memiliki berbagai macam perbedaan yang merupakan hal alamiah.


Misalnya perbedaan suku bangsa, ras,, profesi dan agama. Perbedaan tersebut tidak dapat dihilangkan. 


Apabila perbedaan tersebut tidak disikapi dengan baik, maka dapat memicu konflik dan kekerasan sosial.


Contoh, warga Jerman pernah merasa bahwa mereka merupakan ras terbaik di dunia. Sehingga mereka memandang rendah ras-ras lain. 


Keyakinan tersebut membuat mereka berusaha untuk menjadi pemenang di segala Medan kehidupan. Sehingga mereka menyerang bangsa-bangsa lain dan berusaha untuk menaklukkannya.


Bahkan mereka menghabisi pemeluk agama lain yang berbeda dengan agama mereka. Adanya konflik antara Jerman dengan masyarakat di dunia merupakan akibat dari perbedaan ras yang tidak disikapi dengan baik.


Contoh lain. Semenjak penemuan benua Amerika, warga Eropa berbondong-bondong pindah ke Amerika . Di sana mereka menemukan bahwa Amerika telah dihuni oleh ras atau suku bangsa Indian.


Namun mereka memandang suku Indian sebagai suku yang terbelakang. Bahkan memandang suku Indian sebagai kelompok dari hewan. 


Perbedaan ras tersebut membuat ras Eropa banyak melakukan pembantaian terhadap suku Indian tersebut. 


Itulah contoh bahwa perbedaan dapat memicu konflik sosial dan kekerasan sosial. 


Oleh sebab itu, sebagai warga yang memiliki peradaban tinggi, sudah selayaknya kita menghormati dan menghargai perbedaan yang ada sehingga tidak terjadi konflik sosial.



No Comment
Add Comment
comment url