Terangkan yang dimaksud dengan konflik politik!

Pertanyaan 

Terangkan yang dimaksud dengan konflik politik!


Jawab:


Konflik politik merupakan konflik akibat adanya perbedaan kepentingan yang berkaitan dengan kekuasaan.


Contohnya konflik antara pihak oposisi dengan pemerintah.


Pembahasan


Konflik merupakan perjuangan pihak untuk memperoleh hal langka seperti kekuasaan, status, otoritas, di mana untuk mencapai tujuan tersebut harus menundukkan lawannya baik dengan ancaman maupun kekerasan.


Berdasarkan konsentrasi aktivitas manusia, konflik dibedakan menjadi konflik ideologi, sosial, ekonomi budaya dan politik.


Konflik politik merupakan konflik yang terjadi karena perebutan kekuasaan atau distribusi kekuasaan.


Konflik tersebut terjadi karena adanya pertentangan politik karena perbedaan kepentingan atau atau tujuan politik seseorang atau kelompok.


Contoh konflik politik adalah pemberontakan PKI di Madiun pemberontakan 30S PKI, dan pemberontakan DI TII. 


Semua pemberontakan tersebut berawal dari konflik politik yakni adanya perbedaan pandangan antara partai-partai yang ada di Indonesia dengan pemerintahan ketika itu.


Selain itu, konflik politik tidak hanya antara pihak penguasa dan oposisi. Melainkan juga dalam internal kekuasaan atau internal partai. Contohnya perpecahan di sebuah partai karena perebutan kedudukan sebagai ketua, persaingan kepemimpinan dalam partai,  perbedaan ideologi dari para anggotanya dan lain sebagainya. 


Konflik politik biasanya sangat mengganggu kehidupan masyarakat. Biasanya konflik tersebut menyeret masyarakat untuk turut serta. Sehingga konflik akan semakin membesar.


No Comment
Add Comment
comment url