1.menurut pendapat mu apakah interaksi antara ruang dan waktu itu penting? 2.apakah dampak dialogis Indonesia terhadap ineraksi antar ruang?

 Soal

1.menurut pendapat mu apakah interaksi antara ruang dan waktu itu penting?
2.apakah dampak dialogis Indonesia terhadap ineraksi antar ruang?
3.mengapa kerjasama antara negara diperlukan berikan contoh 5 kerjasama bilateral multilateral!
4.menurut pendapat mu apa pengertian nilai dan norma di masyarakat?sebutkan macam macam nya!
5.sebutkan faktor faktor penyebab terjadi nya di nomika sosial dan sebutkan dampak positif dan negatif nya 4!

Jawaban

  1. Menurut pandangan saya, interaksi antara ruang dan waktu sangat penting karena keduanya saling berkaitan dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Ruang mempengaruhi cara manusia berinteraksi dan beraktivitas di lingkungannya, sedangkan waktu mempengaruhi pola pikir, kebiasaan, dan kegiatan manusia. Interaksi antara keduanya dapat menciptakan dinamika yang kompleks dalam kehidupan manusia.
  2. Dialogis Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap interaksi antar ruang. Melalui dialogis Indonesia, berbagai kebudayaan dan tradisi lokal dapat saling berinteraksi dan saling mempengaruhi, sehingga menciptakan keanekaragaman budaya yang kaya dan kompleks. Selain itu, dialogis Indonesia juga dapat memperkuat hubungan antar wilayah di Indonesia dan mempromosikan kerjasama ekonomi dan politik di antara mereka.
  3. Kerjasama antara negara sangat diperlukan untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di seluruh dunia. Beberapa contoh kerjasama bilateral dan multilateral antara negara antara lain:
  • ASEAN: kerjasama multilateral di antara negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di wilayah tersebut.
  • ASEAN-China Free Trade Agreement: kerjasama bilateral antara ASEAN dan China dalam mempromosikan perdagangan bebas di antara mereka.
  • G20: kerjasama multilateral di antara 20 negara terbesar di dunia dalam mempromosikan pertumbuhan ekonomi global dan mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan pengungsi.
  • UNDP: kerjasama multilateral di antara negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia.
  • ASEAN-EU Comprehensive Air Transport Agreement: kerjasama bilateral antara ASEAN dan Uni Eropa dalam mempromosikan perdagangan dan kerjasama di sektor transportasi udara.
4. Nilai dan norma adalah konsep yang sangat penting dalam masyarakat karena membentuk cara hidup dan perilaku manusia. Nilai adalah prinsip atau keyakinan yang dipegang oleh individu atau kelompok, sedangkan norma adalah aturan atau standar perilaku yang diikuti oleh masyarakat. Ada beberapa jenis nilai dan norma di masyarakat, antara lain:
  • Nilai budaya: prinsip atau keyakinan yang dipegang oleh masyarakat dalam konteks budaya tertentu, seperti nilai kekeluargaan, nilai keagamaan, dan nilai kesopanan.
  • Norma sosial: aturan atau standar perilaku yang diikuti oleh masyarakat dalam konteks sosial tertentu, seperti norma sopan santun, norma hukum, dan norma agama.
  • Norma moral: aturan atau standar perilaku yang diikuti oleh masyarakat dalam konteks moral atau etika, seperti norma kejujuran, norma kesetiaan, dan norma empati.
No Comment
Add Comment
comment url